Selasa, 28 September 2010

Pelajaran #1 : Cara kerja bahasa java


Untuk memahami Java, anda perlu mengetahui bagaimana program berbasis java dapat dijalankan di komputer.

Berikut adalah langkah-langkahnya sesuai urutan nomor pada gambar di atas:

1. Program java adalah serangkaian object yang ditulis dalam sebuah file berekstensi .java yang saling beriteraksi satu sama lainya membentuk serangkaian proses tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Selayaknya bahasa pemograman lainnya, program yang ditulis dalam syntax(definisi : http://en.wikipedia.org/wiki/SYNTAX ) tertentu harus diverifikasi  dan diolah oleh compiler (definisi : http://en.wikipedia.org/wiki/Compile_%28computing%29 ).

3. Hasil kompilasi program java membentuk file-file berekstensi .class. File ini menyimpan instruksi-instruksi spesifik yang hanya dapat dipahami oleh mesin virtual java.

4. Mesin Virtual Java, JVM (definisi : http://en.wikipedia.org/wiki/JVM ) yang terinstal dalam komputer pengguna akan mengubah file .class menjadi instruksi-instruksi  yang dapat dipahami oleh komputer untuk dijalankan.

5. Program berbasis Java dapat dijalankan di hampir di semua platform OS. Hal ini merupakan salah satu keistimewaan yang sangat menguntungkan bagi para programmernya. Dengan tersedianya JVM dalam hampir di semua versi OS komputer maka motto "write once run everywhere", merupakan senjata ampuh sekaligus pemacu semangat dalam belajar bahasa pemograman ini.

Sekian penjelasan singkat tentang cara kerja  bahasa pemograman Java dari proses pembuatan sampai dapat dijalankan di komputer pengguna. Terima kasih.

5 komentar:

  1. Good Share Bro .. Keep Writing & Share Knowledge
    Success be with u ..

    BalasHapus
  2. Opencore sekaleee.... great share... keep update man, like it.

    BalasHapus
  3. Yang no. 1 ane gak ngerti gan, bisa dijelaskan lebih detil?

    BalasHapus
  4. wah yg nanya dan ngomen Programmer level yahud... hehehe...
    buat mario : ane nga usa jelasin situ kan dah buat aplikasi java yg cangih2 bozz...

    buat mas yudis (QA level SydneyWeb... nga usa diragukan lagi kapasitasnya sbg Bugg Finder dan Fiutr Consultant) : hehehe... rindu ma pacung yah

    BalasHapus
  5. kalau cara-cara optimasi pengkodean java gimana ??

    BalasHapus